Pages

Labels

Selasa, 29 Januari 2013

Gibbs Aquada – Mobil Sport Amphibi

Gibbs-Aquada
Musibah banjir yang terjadi di Jakarta beberapa waktu yang lalu benar-benar meluluh-lantakkan semua jalannya aktivitas di ibukota. Betapa tidak, banjir yang mengepung kota Jakarta tersebut ketinggiannya saja bisa mencapai tubuh satu orang Indonesia. Alhasil semua aktivitas yang menggunakan kendaraan harus mati total dan digantikan oleh perahu.
Sebenarnya di Indonesia sendiri ada beberapa mobil yang cukup mumpuni untuk digunakan di kala banjir melanda. Lihat di > Mobil-Mobil Kuat Untuk Lawan Banjir. Namun semua mobil yang disebutkan dalam artikel tersebut kodratnya tetaplah mobil yang ketangguhannya dibatasi oleh ketinggian banjir yang menggenang.
Beda lagi kalau yang digunakan adalah mobil yang memang dirancang khusus sebagai mobil amfibi. Lho ? Emang ada ya ?
Yups, di luar negeri sana ada begitu banyak mobil amfibi yang bukan saja dapat digunakan di darat namun juga sebagai perahu. Salah satunya adalah Gibbs Aquada.

Gibbs-Aquada-Photo
Mobil yang bisa mengapung di atas air ini merupakan kendaraan amfibi yang dikembangkan oleh perusahaan Gibbs Technology milik seorang pria bernama Alan Gibbs dan berpusat di Inggris. Mereka mengklaim bahwa mobil ini sudah mengalami perkembangan yang pesat, baik pada teknologi maupun pada kecepatannya. Aquada juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang mereka beri nama : HAS Gibbs Technologies. HAS sendiri merupakan kependekan dari High Speed Amfibi.
Mobil ini memiliki kemampuan untuk digunakan bepergian dengan kecepatan maksimal 160 kilometer per jam di darat dan mampu mencapai kecepatan 50 kilometer per jam saat melaju di permukaan air. Ini artinya model Gibbs Aquada yang terbaru memiliki kemampuan lima kali lebih cepat dibanding model yang dibuat sebelumnya.
Blue-Print-Mobil-Gibbs-Aquada
Gibbs Aquada pernah diuji langsung oleh Richard Branson – sang milyuner sekaligus pemilik Virgin Group – yang menjajalnya untuk mencetak rekor baru menyeberangi Selat Inggris dengan sebuah kendaraan amfibi pada tahun 2004 silam. Tidak main-main, ia berhasil menumbangkan rekor sebelumnya yang pernah dicetak pada akhir tahun 1960-an dengan begitu gampangnya. Jika rekor sebelumnya berhasil mencatatkan waktu  4 jam 20 menit, maka Richard hanya butuh waktu 1 jam, 40 menit, 6 detik untuk melibas Selat Inggris.Tapi ya wajar juga sih, maklum perbedaan kemajuan teknologinya terpaut jauh.
Anda tertarik dengan mobil amphibi yang satu ini ? Santai bro, karena di luar negeri sana untuk menggunakannya maka sobat harus memiliki lisensi mengendarai speedboat terlebih dahulu.
Interiors-Gibbs-Aquada
Sayangnya Gibbs Aquada sudah diproduksi sejak tahun 2003 ini selain tidak dilengkapi dengan grill depan, juga tidak dilengkapi dengan atap ala mobil roadster. Ini artinya kendaraan ini hanya difokuskan untuk having fun ketimbang untuk kondisi mendesak. Namun secara desain memang kendaraan ini memiliki kelebihan karena didesain seperti lunas pada speedboat sehingga bisa mengurangi gesekan dengan permukaan air yang berdampak pada kenyamanan bagi siapapun yang mengendarainya.
Kemudian untuk mendukung performanya, Gibbs Aquada dibekali mesin dengan transmisi otomatis 5 percepatan dengan sebuah tombol pergantian mode untuk beralih ke tenaga jet ski saat kendaraan digunakan di permukaan air. Transformasi dari mobil menjadi kendaraan air ini juga tidak butuh waktu lama yakni hanya sekitar enam detik saja.

0 komentar:

Posting Komentar